Saturday, March 6, 2010

Kecintaan dalam Keprofesian

KEPROFESIAN
( Inspiring )


Kedekatan antara keahlian, keprofesian dan bisnis yang hampir dimiliki setiap insan desainer atau seniman adalah senjata dan potensi peluang usaha yang bersifat kemandirian dengan rentang waktu jangka panjang. Hampir kebanyakan mereka yang telah menjalankan dalam lingkup kategori usaha kecil dan menengah bidang "jasa atau produk kreatif" telah banyak menuai hasil. Dari beberapa representatif yang dianggap cukup konsisten dan komitmen atas usaha yang di jalankannya mereka telah dapat memberikan nilai kebermanfaatan baik bagi individu maupun dalam kelompok besar yang di sebut masyarakat.

Sejalan dengan pertumbuhan dan kemajuan teknologi serta percepatan berkembangnya ilmu dan pengetahuan maka para insan atau kelompok kreatif itu dapat bertahan bahkan jauh lebih maju. Hampir kebanyakan dari berbagai implementatif produk maupun jasa dalam bisnis memerlukan pencapaian promosi dalam kontek marketing, maka banyak hal yang perlu di komunikasikan kepada konsumen, bisa saja dalam wujud verbal maupun visual atau kombinasi keduanya dengan menambahkan unsur suara. Mensiasati implementasi itu maka peranan keprofesian dalam bidang kreatif dapat terlibat di dalamnya.

Secara umum sebut saja setiap bentuk keahlian dalam keprofesian adalah "senjata ketahanan diri" bagi setiap insan yang mana akan menjadi bahan dasar siap olah dan siap di kembangkan secara permanen dalam rentang waktu panjang. Maka tidak perlu jauh memandang dimana keberhasilan seseorang sebetulnya adalah kedekatan dan kecintaan terhadap keahlian keprofesian yang telah di anugerahkan serta di milikinya.

Bagaimana kita bersikap memahami dan mengembangkan kemampuan keahlian pribadi adalah bagian dari seni berbisnis dalam mencapai tujuan dan harapan. Setiap keprofesian bersikap hampir sama yaitu bagaimana setiap kompetensinya dapat bermanfaat bagi orang banyak. Sementara masyarakat kita juga sama masih banyak memerlukan bantuan pemikiran dari setiap keprofesian, termasuk dalam berbagai sektor baik kebutuhan yang bersifat jasa maupun barang. 


Sekalipun sudah banyaknya lembaga pendidikan formal tetap kebutuhan implementasi keprofesian masih terasa kurang. Sebut saja salah satu contoh,  dengan maraknya usaha media jejaring seperti warnet kenyataannya masih banyak juga masyarakat kita yang belum tahu tentang menggunakan dan manfaat lebih tentang media itu. Bagaimana mengoptimalkan media jejaring dapat ditangkap sebagai peluang usaha yang dapat di bidani oleh seseorang yang mempunyai sikap keahlian dengan cara memaksimalkan keprofesian yang di punyai bagi masyarakat banyak. 


Bisa saja keprofesian seseorang di sulap dengan cara otodidak dengan motivasi yang cukup tinggi meraih impian dan harapan, dan terbukti banyak juga yang telah berhasil dengan cara seperti itu. Keprofesian itu seperti halnya mengolah dasar-dasar talenta dan kamauan tinggi yang dimiliki seseorang yang mendapatkan suatu peluang dan konsekuensi resiko yang dapat di buat solusi. Keprofesian itu juga adalah "kemampuan kepunyaan diri" yang telah dimiliki seseorang secara permanen. Yang perlu di aktualisasikan adalah bagaimana dapat membuka kanal informasi sehingga kemampuan kepunyaan diri sendiri tersebut dapat tumbuh dengan baik.   - (bersambung) 

De Maulana Anggakarti | Line 081 8090 9896 0 | www.greengraphicbiz.blogspot.com

1 comment:

Arya said...

Inspiring banget Om :D

Memang profesi itu lebih enak klo dibarengi dengan rasa kecintaan terhadap bidang yang sedang kita jalani.


Fenomena | Mirrow | Duplicate

GREENGRAPHIC SHORTCUT

Share Informations Graphic Design, Multimedia and Web Log | New Media | Networking | Edukasi | Profesi | Forum | Bisnis | Komunitas Visual | Kreatif | Bandung, Jawa Barat-Indonesia